LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

4 Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends, Mudah dan Cepat

Ikuti 4 cara riset kata kunci dengan Google Trends, mudah, cepat, dan tepercaya…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

4 Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends, Mudah dan Cepat

Rabu, 13 April 2022

Dengan bergesernya pola interaksi ke arah digital, banyak pengguna berlomba-lomba meningkatkan trafik website. Seiring dengan itu, pamor Google Trends pun meningkat. Dengan tools ini, pengguna bisa mempelajari kata yang tengah dicari pengunjung. Lalu, bagaimana cara riset kata kunci dengan Google Trends? Simak yuk.

Google Trends adalah tools besutan Google untuk merancang strategi konten dan SEO. Tools ini memudahkan pengguna untuk mempelajari kata yang dicari target pelanggan sehingga konten lebih tepat, kemudian mengarahkan trafik ke situs. Dengan banyaknya trafik, akan menaikkan rank dari artikel juga situs dimana artikel tersebut berada.

Mudah dan Cepat, Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends


Google Trends merupakan tools dengan berbagai fitur dan berfungsi sebagai pencari topik hangat yang sedang diperbincangkan dan riset kata kunci. Layanan ini menggunakan prinsip analisis sederhana, dengan mengumpulkan tren di mesin pencari Google. Mulai dari Google News, Google Shopping, Google Images, hingga Youtube.

Kemudian membandingkannya, lalu memberikan hasil informasi baik dalam bentuk data maupun grafik. Semua informasi tersebut dapat digunakan untuk membuat konten yang sesuai sehingga dapat mendongkrak trafik.

Bagi Content Creator, menggunakan tools ini merupakan hal yang wajib, agar kontennya dapat mencapai target pelanggan lebih cepat dan mengena. Cara riset kata kunci dengan Google Trends pada dasarnya cukup mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Lakukan beberapa langkah berikut:

1. Kunjungi Laman Google Trends

Buka  https://trends.google.com/trends/, pilih lokasi negara yang diinginkan, di pojok kanan atas.

2. Info di Laman Google Trends

Pada laman pertama, akan ada insight atau artikel terbaru Google, kemudian daftar pencarian trending terbaru. Sedangkan di bagian bawah, ada rangkuman trending pencarian Google yang sudah diurutkan berdasarkan tahun. Baca keseluruhan info tersebut agar mengetahui tren pencarian kata kunci.

3. Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends

Cara selanjutnya adalah dengan memasukkan kata kunci di kolom pada laman muka Google Trends. Tunggu hingga Google selesai memproses data.

4. Hasil Google Trends

Google Trends akan menampilkan informasi mulai dari grafik minat, topik, juga kueri terkait topik tersebut. Kelola hasil dengan mengatur kategori, lokasi negara, waktu, dan jenis pencarian (Google News, Google Shopping, Google Images, Youtube) yang diinginkan.

Karena kemampuannya ini, Google Trends sering digunakan untuk menganalisa beberapa hal seperti Tren kata kunci. Dengan informasi yang diberikan tools ini, akan mudah memahami tren kata kunci dalam mesin pencarian. Juga jenis bahasa target pelanggan. 

Selanjutnya adalah Tren musiman. Tools ini dapat diatur kurun waktunya, sehingga cukup mudah untuk melihat minat pelanggan per musim.  Dengan informasi tersebut, merancang kalender editorial akan lebih cepat dan terarah sehingga konten yang dibuat relevan, sesuai minat target pelanggan. 

Kemudian Tren regional. Tren ini dapat digunakan untuk melihat besarnya persentase kata kunci pada wilayah tertentu. Dengan demikian konten dapat ditujukan pada persentase wilayah yang jauh lebih banyak.

Terakhir adalah Topik terkait. Google Trends juga menampilkan poin topik terkait dari kata kunci yang dicari. Informasi ini akan sangat membantu memahami target pelanggan untuk kemudian mencari istilah yang relevan.

Cara riset kata kunci dengan Google Trends cukup mudah, bukan? Hanya dengan satu klik di kolom pencariannya, yang terletak di laman pertama pula, semua informasi mengenai trending keyword bisa didapatkan. Terlebih lagi, tools ini gratis, dan tidak ada limit penggunaan kolom pencarian.


 


TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang