LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

Panduan Cara Agar Artikel Masuk ke Google Discover

Ternyata agar artikel bisa masuk ke halam discover tidak sesulit yang dibayangk…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

Panduan Cara Agar Artikel Masuk ke Google Discover

Rabu, 13 April 2022

Setiap blogger pasti ingin websitenya bisa masuk ke Google Discover. Namun, sayangnya bagi setiap website masuk ke Google Discover bukanlah hal yang mudah. Maka, artikel ini menghadirkan cara agar artikel masuk ke Google Discover.

Agar artikel bisa masuk ke Google Discover, Anda harus memenuhi kriteria dan aturan tertentu, salah satunya terdaftar di Google News atau masuk ke Google Publisher Center.

Apa Itu Google Discover


Google Discover merupakan halaman yang menampilkan konten dan informasi dalam bentuk seperti deretan kartu (cards). Cards sendiri adalah linimasa konten di Internet yang disesuaikan dengan minat pengguna berdasarkan riwayat pencarian Google.

Misalnya, Anda sering membuka konten-konten Google tentang dunia kesehatan, maka halaman discover Anda akan dipersonalisasi dengan menampilkan konten yang berkaitan dengan kesehatan pula.

Halaman Search dengan Discover memiliki perbedaan, yaitu pada halaman search konten yang yang tampil merupakan hasil penelusuran dari kata kunci yang dicari. Sedangkan, konten yang muncul pada halaman discover tidak berdasarkan keterbaruan konten, melainkan sesuai minat pengguna. Jadi, bisa saja yang muncul adalah konten lama.

Syarat Artikel Bisa Muncul di Google Discover

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa agar website bisa masuk di Google discover harus memenuhi kriteria dan ketentuan yang ada. Nah, artikel atau konten yang muncul ada halaman discover adalah konten yang sudah memenuhi kriteria dan syarat yang diberlakukan oleh Google.

Bagi Google, konten yang dibuat tidak harus mengandung tag khusus atau data terstruktur lainnya. Sistem pada Google akan menampilkan konten di Discover dari situs yang mempunyai kredibilitas tinggi secara otomatis.

Kriteria dari kredibilitas tersebut, yaitu Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness (E-A-T). Berikut ini penjelasannya:

1. Expertise

Maksud dari kriteria Expertise, yaitu pihak Google akan lebih mengutamakan konten yang dibuat oleh pakar di bidangnya.

2. Authoritativeness

Kriteria ini berhubungan dengan reputasi sebuah website atau halaman yang ditampilkan. Google akan memilih website yang memiliki reputasi yang baik untuk masuk di discover.

3. Trustworthiness

Agar konten Anda bisa masuk ke Google Discover, pastikan telah memenuhi kriteria Trustworthiness, yaitu kriteria yang berhubungan dengan akurasi konten pada halaman tersebut.

Cara Agar Artikel Masuk ke Google Discover

Setelah memahami apa itu Google Discover, selanjutnya Anda bisa menyimak cara agar artikel masuk ke Google Discover. Berikut ini tips untuk meningkatkan munculnya artikel pada halaman Google Discover:

  • Pastikan judul artikel Anda mengandung isi dari konten yang Anda buat, bukan clickbait.
  • Sebaiknya menggunakan gambar yang menarik serta berkualitas tinggi, setidaknya minimal 1.200 piksel.
  • Tidak menggunakan logo situs sebagai gambar utama.
  • Sebaiknya Anda menghindari detail yang berlebihan dalam konten pratinjau, baik itu judul, cuplikan atau gambar. 
  • Buat artikel atau konten yang relevan dengan penyampaian yang baik serta di dalamnya mengandung wawasan.

Cara Mengakses Google Discover


Anda sudah tahu cara agar artikel masuk ke Google Discover. Sekarang ikuti langkah-langkah mengakses Google Discover di bawah ini:

  • Bukalah aplikasi Google Search melalui Smartphone Anda.
  • Selanjutnya, klik menu "Discover" yang ada pada pojok kiri bawah.
  • Akan muncul halaman khusus yang menampilkan deretan kartu (Cards) yang berisi cover image, judul konten, situs atau gambar dan tanggal publikasi konten.
  • Jika Anda ingin membaca konten di dalamnya, silakan klik Cards tersebut.
  • Klik tombol More Stories untuk melihat bermacam-macam konten lainnya.
  • Anda dapat memberikan Likes dengan klik ikon Love yang ada di bawah judul konten, atau membagikan konten dengan klik ikon Share.

Demikianlah panduan cara agar artikel masuk ke Google Discover. Selamat mencoba dan pastikan Anda mengikuti panduannya dengan benar agar berhasil menembus Google Discover.


TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang