LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

Cara Membuat Artikel di Wordpress yang Dijamin Anti Gagal

Siapa bilang membuat artikel di Wordpress susah? Ini cara membuat artikel di Wo…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

Cara Membuat Artikel di Wordpress yang Dijamin Anti Gagal

Jumat, 04 Maret 2022

Setelah menginstal website Wordpress sudah pasti isi website masih kosong. Makanya, banyak pengguna baru website Wordpress yang bertanya mengenai cara membuat artikel di Wordpress.

Menulis artikel di Wordpress tidak begitu sulit, hanya saja harus memahami bagian-bagian menu untuk menulis terlebih dahulu. Jadi, sebelum memulai menulis, perlu memahami konsep penulisan yang terdapat di Wordpress.

Cara Membuat Artikel di Wordpress


Sebelum memulai menulis di Wordpress, pahami terlebih dahulu dua cara membuat artikel di Wordpress. Berikut ini penjelasan mengenai dia cara menulis artikel di Wordpress:

1. Cara Membuat Artikel di Wordpress Menggunakan Posts

Post merupakan tempat menulis artikel berupa blog, buku harian pribadi, berita, event serta kegiatan-kegiatan yang diurutkan berdasarkan waktu yang dapat dikelompokkan secara kategori. Tulisan yang terbit di menu Posts akan memunculkan nama penulisnya, waktu artikel ditulis, kategori artikel dan dapat dikomentari oleh pembaca. Di menu ini siapapun dapat menulis sebanyak yang diinginkan, karena tidak ada batasan jumlah artikel.

2. Menggunakan Page

Page memiliki arti halaman yang bersifat statis atau jarang berubah. Ini berkaitan dengan urutan kronologi ketika membuat tulisan. Pengguna biasanya menggunakan Wordpress Page untuk membuat halaman, seperti Disclaimer, Contact Us, About dan lainnya. 

Dengan menggunakan Page ini, pengguna bisa membuat Homepage untuk websitenya dan meletakkan pada halaman depan website. Nah, Page inilah nantinya yang akan menjadi Menu dari sebuah website. Jumlah Page juga biasanya tidak sebanyak jumlah Posts.

Langkah-langkah Membuat Posting Artikel di Wordpress


Setelah mengetahui dua cara menulis artikel di wordpress, sekarang ketahui langkah-langkah membuat posting artikel di Wordpress. Silakan ikuti langkahnya di bawah ini:

    • Pertama kali, login ke admin Wordpress dengan cara menuju ke halaman website pengguna, lalu masukkan Username dan Password.

    • Setelah login ke admin Wordpress, maka pengguna akan masuk ke menu Dashboard. Pilih menu Posts, lalu pilih Add new atau klik icon +New yang ada di pojok atas lalu pilih Post.

    • Selanjutnya, masukkan judul postingan artikel yang akan dibuat.

    • Setelah membuat judul, lanjut dengan membuat artikel.

    • Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur yang tersedia untuk mempercantik tulisan layaknya yang terdapat pada aplikasi office pada umumnya.

    • Untuk menambahkan gambar, klik Add media, lalu pilih Select Files. Pengguna dapat memilih gambar sesuai keinginan dan upload files. Jika gambar susah di upload, pilih insert to post dan tunggu beberapa saat.

    • Silahkan atur ukuran, title dan sebagainya pada gambar. Jika sudah sesuai, klik Insert into post, maka gambar telah berhasil masuk pada postingan.

    • Pengguna juga bisa menambahkan Featured Image yang ada di bawah pojok kanan untuk gambar thumbnail artikel yang dibuat.

    • Jika sudah, pengguna bisa mengelompokkan artikel yang dibuat ke dalam kategori tertentu dengan cara memilih opsi Categories yang ada di sebelah kanan area posting. Bisa juga dengan klik Add New Category, lalu tuliskan kategori sesuai keinginan dan checklist pada kategori tersebut.

    • Silahkan pilih Tags yang ada dibawah menu kategori jika ingin menambahkannya. Cara menambahkannya, cukup tuliskan tags tersebut, lalu klik Add.

    • Untuk mengganti URL atau permalink pada postingan yang akan dipublish, pilih opsi di bawah kolom title atau judul. Setelah itu, klik Edit dan sesuaikan dengan keinginan.

    • Setelah selesai, tinggal melakukan posting artikel dengan cara klik Publish, maka postingan akan langsung terpublish.

Itulah cara membuat artikel di Wordpress untuk pemula yang dijamin gampang. Pastikan langkah-langkah di atas diikuti dengan benar agar prosesnya berhasil. Selamat mencoba membuat artikel terbaik di website wordpress.

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang