LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

Jam Buka Saham Ajaib Yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Ingin inestasi saham? Segera buka rekening di Ajaib Sekuritas yang sudah terdaf…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

Jam Buka Saham Ajaib Yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Kamis, 17 Februari 2022

Investor pemula sangat penting untuk mengetahui kapan jam buka saham Ajaib. Hal ini terkait dengan saat untuk melakukan transaksi saham. Ajaib sendiri merupakan salah satu perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya.

Pihak yang memiliki kuasa untuk menentukan jam transaksi saham adalah Bursa Efek Indonesia (BEI). Semua perusahaan sekuritas yang sudah tergabung dalam BEI wajib untuk mematuhi aturan waktu tersebut.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Ajaib


Ajaib merupakan sebuah aplikasi atau platform untuk melakukan investasi saham secara online. Hal ini tentu saja sangat memudahkan para penggunanya karena dapat dilakukan sewaktu-waktu dari manapun berada. 

Tampilan dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Ajaib terbilang menarik dan mudah untuk dipahami. Hal ini akan sangat membantu dan memudahkan para pemula dalam melakukan transaksi saham. 

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan juga App Store. Dengan demikian, orang bisa dengan mudah untuk mengunduh dan menggunakannya. Aplikasi ini juga akan membantu pemula untuk mengetahui serta mengingat jam operasional saham Ajaib. 

Ketahui Kapan Jam Buka Saham Ajaib

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa jam buka atau operasional pasar saham tidaklah sembarangan. Para investor wajib untuk mengetahui dan mematuhinya agar dapat melakukan transaksi dengan lancar. Lantas kapan jam buka saham Ajaib?

    1. Jam Buka Saham Ajaib Sesi Pertama

Bursa saham pada pagi hari akan mulai pada pukul 09.00 WIB dan tutup jam 11.30 WIB. Pada sesi ini investor perlu untuk melakukan pengecekan harga sahamnya. Apabila ingin menjual, maka harus mencari waktu yang tepat. 

    2. Jam Buka Sesi Kedua

Sesi kedua perdagangan saham akan berlangsung pada pukul 13.30 WIB hingga 14.49 WIB. Jam buka bursa saham Ajaib ini tidak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu. Bursa saham libur pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional sehingga tidak akan ada transaksi.  

Cara Membuat Akun Di Ajaib Sekuritas


Setelah mengetahui jam transaksi di Ajaib dan bahwa jam bursa Ajaib Sabtu itu libur, maka selanjutnya ketahui bagaimana cara daftarnya. Apabila tertarik untuk berinvestasi menggunakan aplikasi Ajaib, ikuti saja langkah-langkah ini.

    1. Download Aplikasi Ajaib

Download saja aplikasi Ajaib di Google Play Store atau App Store. Cari saja dengan kata kunci Ajaib, maka otomatis akan muncul di laman pencarian. Pilih aplikasi Ajaib yang berwarna biru dengan logo mirip teko Aladin.

    2. Buat Akun Di Ajaib Sekuritas

Setelah proses instalasi aplikasi selesai, maka saatnya untuk membuat akun di Ajaib Sekuritas. Adapun cara untuk membuat akun sangatlah sederhana, silahkan ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

    • Klik pada pilihan “Daftar”.

    • Masukkan alamat email dan password.

    • Lakukan konfirmasi email yang dipergunakan untuk mendaftar.

    • Isikan kode referral apabila ada.

Pada saat membuat akun di Ajaib, pastikan untuk menggunakan email yang masih aktif. Hal ini untuk menghindari email tidak dapat terkonfirmasi. Kegagalan untuk melakukan konfirmasi email maka akan menyebabkan gagal melakukan pendaftaran akun. 

    3. Membuka Akun Saham 

Setelah berhasil membuat akun di Ajaib, maka langkah selanjutnya adalah membuka akun saham. Untuk bisa membuat akun saham, maka perlu untuk login ke akun yang telahdibuat sebelumnya. 

Apabila sudah berhasil login, maka selanjutnya klik pojok kiri atas pada pilihan “Buka akun saham’. Setelah itu, pilih “Saham” agar dapat masuk ke tahapan berikutnya. 

    4. Buatlah Rekening Saham

Untuk membuat rekening saham ini, maka calon investor wajib untuk mengisi formulir yang tersedia. Calon investor wajib untuk mengisi keseluruhan kolom dalam formulir yang berjumlah enam halaman. Apabila tidak lengkap maka tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Pengisian formulir pembukaan rekening saham tersebut secara otomatis juga berfungsi untuk membuka rekening dana nasabah (RDN). Pembukaan rekening saham tersebut menjadi prasyarat wajib agar dapat melakukan transaksi di Ajaib Sekuritas.

Pada saat membeli saham, maka investor akan menyimpan saham-sahamnya tersebut di dalam rekening saham. Semua data diri yang telah masuk pada saat pengisian formulir akan tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia ( KSEI).

Berbeda dengan rekening saham, maka RDN akan berfungsi sebagai rekening bank untuk dapat menyelesaikan transaksi perbankan. Adanya RDN ini dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan dana yang tidak termanfaatkan untuk membeli saham.

    5. Upload Dokumen

Upload semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan permintaan dari pihak Ajaib. Pengguna Ajaib perlu wajib untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang dipersiapkan oleh Ajaib. Pendaftar harus mendokumentasikan dalam bentuk video dan mengunggahnya.

Proses mengunggah dokumen merupakan tahapan terakhir dalam pembuatan akun di Ajaib Sekuritas. Setelah itu, pendaftar hanya perlu menunggu proses verifikasi. Sebaiknya lakukan pendaftaran pada saat jam buka pasar saham Ajaib.

Cara Mudah Berinvestasi Di Ajaib Untuk Pemula

Sudah memiliki akun di Ajaib Sekuritas dan membuka rekening saham, maka kini saatnya untuk mulai berinvestasi. Bagi pemula yang baru pertama kali akan melakukan transaksi saham, tidak pelu bingung karena bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkah berikut.

    1. Lakukan Top Up Saldo RDN

Langkah pertama untuk dapat berinvestasi saham melalui Ajaib yaitu dengan melakukan top up saldo RDN. Proses pengisian saldo RDN ini cukup mudah dengan memanfaatkan transfer bank.

Gunakanlah rekening BCA agar tidak terkena biaya administrasi. Apabila menggunakan rekening selain BCA dan tidak ingin terkena biaya administrasi, maka dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

    2. Pilihlah Saham Yang Akan Dibeli

Sebelum membeli saham, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu tentang emiten yang menjadi incaran. Aplikasi Ajaib menyediakan informasi lengkap tentang saham-saham yang dapat dibeli oleh investor.

Bukalah menu “cari” dan klik pilihan “lihat semua” untuk mencari dan melihat daftar emiten yang tersedia. Aplikasi Ajaib menyediakan informasi terkait laporan keuangan dan competitive ranking dari emiten. 

Selain informasi tersebut di atas, tersedia pula profil perusahaan dan informasi yang fundamental. Ajaib juga menyediakan data grafik harga, dan bahkan informasi tentang antrian penawaran dan permintaan. 

    3. Pembelian Saham

Sudah menemukan emiten yang menarik? Saatnya untuk membeli saham. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan menekan dan menggeser ke kanan pada nama saham. Setelah muncul pilihan, maka klik saja pada opsi “Beli”. 

Cek pada bagian “order book” untuk memastikan saham yang telah terpilih ada di dalamnya. Setelah itu klik saja harga yang sesuai. Pada tahap ini investor juga perlu untuk menuliskan akan membeli sejumlah berapa lot saham. 

    4. Konfirmasi Pembelian Saham

Tahap akhir dalam proses pembelian saham adalah dengan melakukan konfirmasi pembelian. Caranya cukup masuk ke halaman “order book” dan klik “Beli” pada bagian kanan bawah. Pada saat muncul halaman konfirmasi pembelian, klik saja “ok” atau “beli”. Dengan investor melakukan konfirmasi, maka transaksi pembelian saham sudah berhasil. 

Tertarik untuk melakukan investasi saham? Segera saja download aplikasi Ajaib dan buka rekening di sana untuk dapat bertransaksi. Sebaiknya lakukan transaksi saham pada saat jam buka saham ajaib agar terproses dengan baik. Selamat mencoba.

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang