LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

7 Langkah Cara SEO Website Wordpress yang Harus Dilakukan

cara SEO Website Wordpress akan mempengaruhi kualitas halaman, untuk mendapatka…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

7 Langkah Cara SEO Website Wordpress yang Harus Dilakukan

Kamis, 03 Februari 2022

Ketika WordPress dipilih sebagai cara untuk membangun situs web, maka akan menjadi lebih mudah dalam melakukan optimasinya. Nah, cara SEO Website Wordpress setidaknya harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Tujuannya tidak lain sebagai cara dalam menjadikan situs web yang sedang dikelola menjadi lebih optimal. Selain itu juga dapat membuatnya terindeks dalam mesin pencari. Penasaran apa saja langkah yang harus ditempuh? Yuk simak disini.

7 Langkah Cara SEO Website Wordpress yang Harus Dilakukan

Cara SEO Website Wordpress

Jika Wordpress menjadi salah satu cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, maka pemeliharaannya harus optimal. Termasuk dalam memperhatikan cara SEO Website Wordpress itu sendiri. Tujuannya tentu saja agar mampu menumbuhkan perkembangan bisnis yang dijalani.

Berikut, adalah beberapa langkah yang harus dilalui dan diperhatikan agar situs web bisnis tetap optimal dan menarik banyak pelanggan :

1. Memeriksa Pengaturan Visibilitas

WordPress memiliki pengaturan untuk menyembunyikan situs web dari mesin pencari. Hal ini biasanya terjadi pada beberapa Website baru, dengan tujuan agar pemiliknya dapat mengoptimalkan tampilan sebelum akhirnya diluncurkan.

Nah, jika semua sudah dirasa cukup, maka bisa langsung mengubah pengaturannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut :

    • Masuk ke halaman dashboard wordpress

    • Kunjungi Menu Pengaturan Akun dan Pilih Membaca 

    • Dibagian visibilitas mesin telusur, buang tanda centang yang ada pada kolom  Hindari mesin telusur mengindeks laman ini. 

    • Pastikan sebelum meninggalkan halaman ini, sudah menekan tombol Simpan Perubahan ya.

2. Struktur URL harus Ramah SEO

Memperhatikan struktur URL pun menunjang peningkatan rating Website Wordpress. Sebab, URL yang dapat dengan mudah dibaca mesin maupun pembaca akan memudahkan dalam menebak isi dari situs atau konten yang disajikan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengubahnya dengan cara berikut: 

Pengaturan Tautan permanenPilih struktur khusus → Silakan isi /%postname% di bagian isian → Simpan perubahan. 

Setelah mengubah struktur ini, dapat dipastikan keterbacaan permalink tersebut dapat dibaca oleh mesin dan pengunjung dengan sangat mudah. Jika ingin mengubah strukturnya menjadi lebih pendek, silakan gunakan opsi costum structure.

3. Penggunaan Plugin SEO WordPress

Menjadi pilihan terpopuler, WordPress memang memiliki banyak keunggulan dari jenis CMS yang lainnya. Salah satunya  adalah tersedianya plugin untuk mempermudah pengelolaan Website. 

Namun, terkadang ketersediaan tersebut membuat bingung seorang pemula. Untuk menyiasatinya adalah dengan cara tidak memasang banyak plugin. 

4. Penggunaan Peta Situs

Setiap halaman situs web yang dimiliki, biasanya sudah diatur XML Sitemap nya sebagai file khusus yang sudah diformat sebagai daftar isi. 

5. Mengirim Website ke Google Search Console

Dengan mengirimkan situs web ke Google Search Console, artinya akan menemukan bagaimana cara pengguna menemukan halaman web. Seberapa sering halaman dapat diklik dan ditemukan, bahkan dapat pula mehngetahui semua kendalanya.

Sebab, Google Search Console akan memberitahukan segala kendala yang terjadi pada situs web tersebut. Apakah halamannya tidak bisa dijangkau atau da konten duplikat dan lainnya.  

6. Cara SEO Website Wordpress dalam Meriset Keyword

Ada istilah tentang riset keyword dalam membuat sebuah konten. Riset tersebut memiliki arti sebagai teknik penelitian seorang pakar SEO atau penulis dalam membuat sebuah konten.

Dengan meriset kata kunci akan memudahkan penulis menemukan apa yang menjadi kebutuhan pengguna. Artinya, teknik ini sangat membantu dalam menemukan kata-kata yang kerap populer dari pengguna mesin pencari. Contohnya dalam mencari dan menemukan layanan, konten, maupun produk.

Hingga akhirnya penulis dapat mulai merangkai kata dan frasa kemudian membuatnya menjadi sebuah konten berkualitas harapan pengguna Google.

7. Unggah Blog Berkualitas SEO

Plugin SEO, seperti Yoast atau lainnya akan sangat membantu dalam proses pembuatan konten. Sebab fungsinya dapat membantu dalam menambahkan judul, keyword yang terfokus dan menyajikan deskripsi berkualitas. 

Itulah beberapa poin penting dalam cara SEO Website Wordpress yang harus diperhatikan. Sebab hal ini menunjang situs web agar dapat sesuai dan memenuhi standar SEO. Semoga bermanfaat!

TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang