LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

Pengertian DA PA Website : Begini Cara Mengeceknya

Mengetahui pengertian DA PA Website artinya dapat mengetahui skor sebuah websit…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

Pengertian DA PA Website : Begini Cara Mengeceknya

Senin, 27 Juni 2022

Apa sih sebenarnya pengertian DA PA Website itu? Mengapa keberadaannya sangat penting dalam meningkatkan performa situs web yang dimiliki?

Nah, jika penasaran tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, sebaiknya simak informasi yang akan disampaikan di bawah ini. Sebab, akan sangat membantu dalam meningkatkan peringkat website yang dimiliki.

Pengertian DA PA Website dan Cara Mengeceknya

Pengertian DA PA Website


DA PA adalah salah satu komponen dari otoritas SEO yang dikembangkan oleh MOZ. Agar dapat memahami keduanya dengan benar, silakan simak uraian pembahasan di bawah ini :

DA atau Domain Authority dan PA atau Page Authority mempunyai pengertian masing-masing. DA lebih cenderung lebih banyak digunakan untuk mengukur ranking semua domain website. 

Sedangkan PA untuk mengukur hanya satu halaman saja. Selain itu kedua hal tersebut sama-sama menggunakan perhitungan metrik metodologi.

1. Pengertian Domain Authority 

DA merupakan skor rating mesin pencarian Google yang memiliki tujuan untuk dapat mengetahui nilai kemungkinan suatu website dalam memperoleh peringkat. 

Skor hasil cek DA ini dimulai dari peringkat 1-100. Semakin tinggi skor yang diperoleh sebuah website, maka semakin tinggi pula peringkatnya.

Peringkat merupakan sebuah petunjuk untuk menilai kualitas dan dapat dipercayanya sebuah website. Untuk mendapatkan hasil perhitungan tersebut, memerlukan beberapa faktor tambahan.

Jika melihat sejarahnya sejak awal tahun 2019, perhitungan tersebut didukung oleh seberapa sering domain website digunakan oleh Google.

2. Pengertian Page Authority 

PA merupakan skor yang menghitung suatu peringkat halaman tertentu di dalam sebuah website. Kisaran angka skor tersebut berada di angka 1 - 100, dengan penilaian semakin besar angka skor semakin baik pula performanya.

Metode perhitungan yang digunakan pun sama seperti cara DA di atas. Yaitu dengan memakai perhitungan pada seberapa sering halaman website muncul pada mesin pencari Google.  

Hingga saat ini, MOZ terus memberikan pembaruan terbaru pada algoritma dan cara perhitungannya. Jadi, jangan heran jika PA terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Jika sudah mengetahui jumlah skor PA suatu website, maka sudah dapat menentukan langkah pembuatan konten apa yang harus mengalami peningkatan. Tujuannya tentu saja agar menjadi lebih unggul dari kompetitor.

3. Cara Mengecek DA PA Blogspot

Cara mengecek DA PA sangat mudah sekali melakukannya,  cukup dengan memanfaatkan pihak ketiga saja. Jadi, keberadaan pihak ketiga dapat membantu menemukan jumlah skor DA PA.

Caranya cukup simpel yaitu hanya dengan memasukkan link website saja. Berikut merupakan beberapa rekomendasi pihak ketiga yang dapat dipilih:

a. MOZ

Merupakan pengembang asli skor DA PA. Dalam situs ini akan terlihat jumlah skor kemungkinan DA PA MOZ. 

Untuk dapat mengakses MOZ juga dapat  melalui halaman hasil pencarian Google. Artinya, sangat memudahkan pemilik website untuk membandingkan korelasi skor DA PA pada kemungkinan website dalam menduduki peringkat pertama halaman pencarian.

b. Ahrefs

Situs ini merupakan perusahaan multinasional yang berada di Singapura. Banyak yang memanfaatkan situs ini untuk meningkatkan nilai SEO.

Jika MOZ menggunakan istilah DA PA maka istilah untuk Ahrefs adalah  Domain Rating (DR) dan URL Rating (UR) untuk menampilkan skor DA PA. Skala skor Ahrefs menggunakan angka 0 - 100.

c. Majestic

Tidak jauh berbeda dengan Ahrefs dan MOZ. Majestic merupakan alat untuk mengetahui skor DA PA dan SEO. Situs ini memungkinkan pemilik website melihat kinerja situs web miliknya.

Perhitungan skor Majestic berdasarkan kuantitas dan kualitas tautan yang masuk. Biasanya menggunakan istilah Citation Flow dan Trust Flow dengan angka kisaran 0 - 100.

Itulah beberapa cara mengecek dan pengertian DA PA Website yang dapat disampaikan. Kini sudah tidak perlu pusing lagi mencari cara untuk mengetahui skor DA PA bukan? Semoga bermanfaat ya!


TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang